Rabu, 06 Agustus 2014

New Vixion Lightning


Halo Bro-vix dan Sist-Vix semua, gimana motornya sehat..? ngomongin soal New Vixion Lightning berarti kita ngomongin soal sahabat, gaya hidup, kepribadian atau mungkin pasangan kedua selain Istri atau suami yang ngak mungkun selingkuh.. hehe mari kita bongkar Seputar New Vixion Lightning semua disini
Sebelumnya saya informasikan Spesifikasinya :
·         Tipe Mesin                              : 4 Langkah, 4 Valve SOHC - Fuel Injection, Berpendingin Cairan
·         Jumlah / Posisi Silinder         : Cylinder Tunggal / Tegak 
·         Volume Silinder                      : 149,8 cc
·         P x L x T                                  : 2.010 mm x 705 mm x 1.030 mm
·         Jarak Sumbu Roda                : 1.300 mm
·         Jarak Terendah Ke Tanah     : 165 mm
·         Tinggi Tempat Duduk            : 790 mm
·         Berat Isi                                   : 129 kg
·         Kapasitas Tangki Bensin        : 12 Liter
·         Tipe Rangka                            : Pressed Backbone (Deltabox)
·         Suspensi Depan                       : Teleskopik
·         Suspensi Belakang                  : Lengan Ayun, Link Suspensi Monocross
·         Ban Depan                               : 90/80-17M/C 46P
·         Ban Belakang                          : 120/80-17M/C 58P
·         Rem Depan                              : Cakram Hidrolik, Piston Ganda
·         Rem Belakang                         : Cakram Hidrolik, Piston Tunggal
·         Diameter x Langkah               : 57.0 mm x 58.7 mm
·         Perbandingan Kompresi        : 10.4 : 1
·         Daya Maksimum                     : 16,59 PS (12.2 kW) / 8.500 rpm.
·         Torsi Maksimum                     : 14,5 Nm (1.48 kgf-m) / 7.500 rpm
·         Sistem Starter                          : Electric dan Kick Starter
·         Sistem Pelumasan                    : Basah
·         Kapasitas Oli Mesin                : 1,15 Liter/Penggantian Berkala : 0,95 Liter / Ganti Filter Oli : 1 L
·         Sistim Suplai BBM                  : Fuel Injection
·         Tipe Kopling                             : Basah, Kopling Manual, Multiplat
·         Tipe Transmisi                          : Return, 5 Kecepatan
·         Pola Pengoperasian Transmisi : 1 - N - 2 - 3 - 4 - 5
·         Sistem Pengapian                       : T.C.I/Transistorized Control Ignition (Digital)
·         Battery                                        : YTZ4V/GTZ4V (MF Battery 3Ah)
·         Tipe Busi                                     : CR8E (NGK) / U24ESR-N (Denso)

Selain itu Fitur baru yang dipersembahkan Yamaha di New Vixion Lighning dari sesepunya :
  • Color Monocross
  • New Head Lamp with Visor
  • Slim & Simple Rear Body Design
  • Rear Discbrake Square Rear Arm
  • New Sharp Front Flasher 
  • Super Bike Fuel Tank Design
  • High Tech Speedometer
  • Big Bike Muffler Design
  • Velg Sporty R15 Concept
  • Big Size Tire 120 mm
Dari Spesifikasi diatas dan fitur baru yang diberikan menurut ane sangat cocok sebagai tunggangan warga masyarakat Indonesia dimana keadaan daerahnya di dominasi berupa Perkotaan, pedesaan dan pegunungan. Selain desaign nya yang artistic New Vixion Lightning yang kita singkat aja NVL ( Ngetiknya Kepanjangan Soalnya hehe ) memiliki konsumsi Bahan Bakar Yang super duper iriiit bahkan penulis bilang paling irit di kelas 150cc ( Pengalaman nyata penulis yang dipertanggung jawabkan hehe ). Mau tau berapa skala konsumsi si NVL ini ? hayu saya tunjukin dari pengalaman penulis sendiri.
                Tepatnya tanggal 12 Juli 2014, sore itu di bulan ramadhan matahari bersinar terang menghangatkan permukaan alam Bandung (ko jadi dramatis gini ya.. ? ) yaudahlah langsung aja, percobaan ane waktu itu adalah : mengosongkan tangki si NVL ane ampe ngk tersisa sedikitpun ( ngk bisa diidupin lagi karena ngk ada bensin nya ) terus yang ane lakuin adalah mengisi lagi tangki si NVL sebanyak 1 Litter Premium ( Pake Takaran 1 L buat minyak tanah  ), emang sih speedometer digital menunjukan bahwa bahan bakar udah sekarat alias kedip kedip, tapi ga masalah inikan tujuannya buat metode ilmiah hehe, rencana selanjutnya adalah bawa jalan NVL ane dengan keadaan BBM Cuma 1 Litter sampe abis alias mogok karena keabisan BBM, eitttss tapi ane ngk lupa bawa sisa bbm yang udah ane keluarin tadi pake jeligen.
                Dari rumah speedometer NVL ane menunjukan bahwa NVL udah jalan 1680 Kilometer ( maklum masih baru hehe ) terus ane bawa jalan si NVL ke Perumahan Komplek, Jalan Raya, Perkampungan dengan kecepatan bervariasi antara 30 s/d 80 Kilometer/jam kurang lebih 30 menit keadaan bensin di spedo meter yang awalnya kedip kedip manjadi ilang alias ngk ada strip bensin satupun, tapi anehnya NVL ane masih bisa di gas full, sampe kurang lebih 15 menit kemudian motor ane pingsan juga karena kehausan, tapi sebelum ane kasih minum lagi, ane cek Kilometer Spedometer digital NVL menunjukan si NVL udah lari 1728 Kilometer dari sebelumya 1680, coba hitung gan 1728 – 1680 = 48.
Berarti NVL ane butuh Bensin 1 Litter buat lari 48 Kilo meter.. WOWWW.. coba bandingkan dengan motor selain NVL.. ada yang mau ngak ?
Keadan motor ane saat Ujicoba Full Orsinil alias Original ( Kecuali Fairing dan Handle Rem )
Ane Bertanya Tanya kenapa bisa seirit itu yaa.. ??
Ternyata ehh ternyata penyebabnya adalah ini Gan klik Disini Nih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered by BurhannudienBlogger